Anda Harus Tahu, 20 Tempat Keren ini Ada di Pinrang


Pinrang Merupakan salah satu daerah pertanian yang memiliki sumber daya alam yang cukup besar, Pinrang juga memiliki kekayaan laut yang membentang sekitar 9 km dari kota Parepare sampai ke Polmas. Luas wilayah Kabupaten Pinrang 1.961,77 km dengan jarak tempuh dari Kota Makassar sepanjang 173km.
Berbatasan wilayah dengan Tana Toraja, Kola Parepare, Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Sidrap serta di sebelah Barat dengan Selat Makassar dan Kabupaten Polmas, Kabupaten Pinrang menyimpan potensi wisata alam yang sungguh luar biasa.
Kabupaten Pinrang memiliki daerah yang terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi, Pantai yang membentang luas dan gunung yang menjulang tinggi. Hal ini yang membuat Pinrang memiliki beberapa daerah wisata alam yang menjanjikan keindahan.
Berikut halamansulsel.com merangkum 20 tempat keren yang ada di ‘Bumi Lasinran’ wajib dikunjungi para traveller.


 1. Air Terjun Latta Pitu



Pinrang memiliki potensi wisata highland atau wisata pegunungan, salah satunya Latta Pitu. Mungkin nama ini asing di telinga kita, Latta Pitu yang berarti 7 susun adalah sebuah primadona wisata baru di Kabupaten Pinrang yang terletak di Desa Rajang Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang.
Berjarak kurang lebih 30 KM dari Ibukota Kabupaten Pinrang, Latta Pitu adalah sebuah areal wisata air terjun yang terbentuk dari batuan yang di bentuk secara alami oleh alam.
Air yang mengalir seakan memahat batuan yang di laluinya sehingga membentuk air terjun yang menyajikan keindahan. Keindahan yang disajikan oleh alam Desa Letta.
Selain keindahan air terjun yang bersusun tujuh, sekitar Latta Pitu masih hijau dan asri. Apalagi, bererapa fasilitas di tempat ini telah tersedia.
2. Air terjun Sarambu

Kali ini , kami ingin memperkenalkan salah satu air terjun yang terletak di bagian utara Kabupaten Pinrang, masayarakat setempat menamai nya air terjun sarambu.
Lokasinya di Benteng Paremba, Kecamatan Lembang. Untuk mencapai lokasi ini, anda harus menanyakan kepada warga, sebab letaknya di anatara perkebunan. Apalagi tempat ini belum terlalu terkenal seperti Latta Pitu.
3. Air terjun Salu Baribi

Air terjun Baribi  merupakan salah satu keindahan alam Kabupaten Pinrang yang masih sangat terjaga dan letaknya di bawah kaki gunung Tirasa.
Untuk menuju kesana di butuhkan waktu kurang lebih 1 jam karena jarak yang cukup jauh dari pusat kota Pinrang , yaitu sekitar 25 KM.
Air terjun ini terletak diDesa Tapporang, Kec. Batulappa, Kab. Pinrang. Sesampainya di desa tersebut dibutuhkan waktu berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke lokasi ini.
Perjalanan yang melehkan akan terbayar dengan pesona Air terjun Baribi yang anda akan lihat. Silahkan menikmati.
4. Air Terjun Kali Jodoh

Air Terjun Kali Jodoh terletak di Desa Benteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Propinsi Sulawesi Selatan. Tempat ini memiliki empat sumber air.
Air Terjun Kali Jodoh berada pada kawasan yang luasnya sekitar 2 Ha. Keberadaan air terjun ini sekitar 3 Km dari ruas jalan poros Bakaru yang harus ditempuh melalui jalanan menanjak.
Panorama alam pegunungannya membuat tempat ini terasa sejuk dan nyaman sehingga menjadi tempat memadu kasih dan diyakini mereka yang datang berpasangan bisa berjodoh. Tak heran bila hari libur banyak dikunjungi wisatawan lokal setempat.
Nama Kali Jodoh sendiri diambil dari cerita rakyat. Dimana pada zaman dahulu sepasang muda-mudi berhasil membina rumah tangga setelah datang ke tempat ini untuk bermustajab.
Mereka memohon do’a kepada Sang Pencipta untuk dipertemukan jodohnya. Hingga saat ini masyarakat Pinrang masih mempercayai cerita tersebut.
5. Pantai Wae Tuoe
Liburan sambil rekreasi di pantai memang pilihan banyak warga. Kabupaten Pinrang juga memiliki Pantai dengan nama Wae Tuoe
Pengunjung dapat merasakan indahnya pemandangan alam laut ditambah dengan angin yang meniup kencang membuat suasana menjadi tenang tanpa ada beban.
Berbagai aktivitas yang dilakukan oleh para pengunjung adalah berenang, foto-foto untuk mengabadikan momen. Bahkan lebih serunya lagi, jika membakar ikan di gubuk yang beratapkan daun nipah.
Rasa panas matahari tidak membuat para pengunjung bosan, mereka tetap asyik bermain sambil membuat bangunan-bangunan kecil dari pasir, berenang, dan lainnya
6. Air Terjun Karawa
Air Terjun Karawa terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. Air terjun ini masih memiliki keindahan alam yang masih alami.
Tinggi air terjunnya mencapai 60 meter. Disekelilingnya diselimuti oleh bebatuan dengan kolam besar tepat di tengah-tengah air terjun.
7. Permandian Air Panas Sulili
Ingin suasana baru berlibur bersama keluarga? Cobalah lokasi wisata pemandian air panas Sulili Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.
Permandian ini terletak di Desa Solilie, Kecamatan Patampanua. Ada dua sumber air yang mendukung suplai air untuk pemandian air panas Sulili. Salah satunya yaitu sumber air panas yang terletak tidak jauh dari kolam utama tempat berendam. Keunikannya ialah, sumber air panas ini seolah-olah muncul dari perut bumi dan bukan berasal dari gunung berapi seperti sumber-sumber air panas lainnya yang lazim ditemui.
Tak cuma merasakan kehangatan air kolam renang yang mengandung belerang saja. Bagi yang nyalinya besar dapat 
mencoba sensasi melompat dari ketinggian 12 meter lebih di kolam air panas sambil menikmati suguhan house music.
Di lokasi ini ada beragam wahana hiburan kolam renang, sumur air panas, dan sejumlah arena permainan lain. Merasakan kehangatan air kolam renang yang mengandung belerang tak hanya dipercaya bisa menghibur dan menghilangkan stres sejenak. Lokasi untuk mengisi liburan ini juga dipercaya bisa membuat badan anda bugar dan menyembuhkan penyakit kulit atau gatal-gatal.
Puas mandi dan melompat, pengunjung bisa mengakrabkan suasana liburan anda bersama keluarga atau orang terkasih. Yakni dengan menikmati aneka menu masakan dan minuman yang disediakan sejumlah pedagang.
Sejumlah gasebo, aneka permainan dan sejumlah pohon rindang di lokasi ini dijamin bisa membuat suasana rekreasi anda bersama keluarga atau orang terkasih bisa lebih bermakna.
8. Permandian Air Panas Lemo Susu
Objek wisata Permandian Air Panas Lemo Susu telah dibangun sejak 1990-an. Jaraknya dari ibukota Kabupaten Pinrang sekitar 60 kilometer, tepatnya di Kecamatan Lembang. Tempatnya mudah dijangkau. Satu-satunya akses menuju Lemo Susu juga menjadi jalan utama menuju Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bakaru.
Berada di atas lahan seluas 20 hektare, pemilik juga telah melengkapinya dengan berbagai fasilitas. Antara lain kolam renang, bangunan-bangunan peristirahatan, pondok karaoke, dan lain-lain.
Udaranya sejuk, sehingga cocok bagi wisatawan yang menginginkan suasana pedesaan dengan udara segar serta jauh dari polusi dan kebisingan. Pepohonan yang rindang, bunga-bunga cantik bertebaran di sekitar area permandian, menambah apik suasana. Bahkan di area kolam, selain menikmati sensasi mandi air panas, pengunjung juga dapat menikmati indahnya pemandangan deretan gunung yang nampak menyatu dengan biru langit dan gulungan awan putih.
Di tempat ini, pengelola juga menyiapkan kolam mini untuk anak-anak dengan tiga perosotan sepanjang enam meter. Anak-anak bisa memanfaatkannya untuk meluncur ke kolam mini.  Di sudut kolam, anak-anak juga dapat menikmati sensasi bermandi di bawah air mancur mini yang semakin mempercantik kolam.
Suhu air di kolam mini dirancang tidak terlalu panas dan agak dangkal. Maklum, kolam diperuntukkan bagi pengunjung anak-anak atau yang belum bisa berenang.
9. Air Terjun Sarassa
Air Terjun Sarassa merupakan tempat wisata yang berada di daerah Rajang, Kecamatan Lembang. Untuk sampai ke lokasi Air Terjun dibutuhkan tenaga ekstra.
Selain jalananan yang cukup terjal, kondisi pijakan juga sangat licin karena jarang dilalui oleh orang-orang. Setelah kurang lebih 30 menit berjalan, akhirnya sampai di tempat yang indah ini.
10 . Batu mea
Lokasi : Desa karawa, Kecamatan Lembang
11. Pulau Kamarrang

Pulau Kamarrang di Kelurahan Ujung Labuang dapat ditempuh dari Ujung Lero sekitar 30 menit menggunakan perahu motor.
Gugusan yang menyembul dari laut ini mempunyai luas 7 hektar didominasi oleh vegetasi hutan pantai termasuk hutan bakau yang mengitari pulau-pulau bagian Barat dan Utara.
Sementara pada bagian Timur terdapat pantai berbatu keras yang tahan hantaman ombak. Pada bagian tengah pulau terdapat pohon-pohon tua yang digelantungi oleh ratusan kelelawar.
Terdapat sebuah makam tua di pulau ini dan dikeramatkan oleh para peziarah untuk menyatakan dan melepas nazar bila keinginannya dikabulkan. Terdapat sebuah villa di pulau ini yang digunakan wisatawan untuk beristirahat.
12. Gua Madingin
Lokasi Batulappa, Kabupaten Pinrang
13. Pantai Kappe

Pantai Kappe memiliki pesona laut yang sangat indah dan bersih. Terletak di Desa Data. Kecamatan Duampanua. Panorama lautnya yang terhampar luas sejauh mata memandang dan di bagian Utara tampak di kejauhan gunung-gunung yang
menjulang diantara rimbunnya pepohonan hutan. Di pantai ini bisa melakukan aktivitas berenang dan olahraga pantai lainnya.
14. Bukit Suppiran
Lokasi : Suppiran, Desa Sali-Sali, Lembang.
15. Air Terjun Kaba-kaba
Air terjun kaba-kaba terletak di Dusun Arra, Desa rajang, Kecamatan Lembang.
16. Pantai Maroneng
Lokasi Pantai Maroneng Dusun Arra, Desa Rajang, Kecamatan Lembang.
17.  Ulusaddang
Lokasi Ulusaddang, Kecamatan Lembang,

18. Pantai Suppa
Daerah Lero, Kec. Suppa , Kab. Pinrang, South Sulawesi
19. Bendugan Benteng Paremba

20. Puncak karomba
Puncak Karomba di Dusun Karomba, Desa Sali-sali, KecamatanLembang, Kabupaten Pinrang.
Ketinggian 1.200 mdpl.
Sejuk segar. Serasa di awan ketika menginjakkan kaki di Puncak Karomba.
Hamparan awan kurang 80 hektar menyelimuti Karomba.
Di lereng Karomba terlihat gumpalan awan bak sambung menyambung.









Label:
Reaksi:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget